Rabu, 25 Mei 2011

SkS Rekayasa Perangkat Lunak

Share on :

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
KELOMPOK PROGRAM PRODUKTIF
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN


KODE                                                            : 070
BIDANG STUDI KEAHLIAN         : TEKNOLOGI INFORMASI DAN
  KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN    : TEKNIK KOMPUTER DAN
  INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN           : REKAYASA PERANGKAT LUNAK


A. Dasar Kompetensi Kejuruan

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Merakit Personal Computer (PC)

1.1   Menjelaskan konsep sistem komputer
1.2   Menjelaskan fungsi komponen-komponen/ Pheriferal PC
1.3   Mengidentifikasi keamanan & keselamat Kerja
1.4   Menjelaskan trobleshooting perakitan PC
1.5   Mengidentikasi  peralatan merakit PC
1.6   Menguji perakitan PC.
2.      Menginstalasi  sistem operasi.
2.1   Menjelaskan Klasifikasi sistem operasi
2.2   Mengidentifikasi spesifikasi komputer
2.3   Menginstalasi sistem operasi berbasis teks
2.4   Menginstalasi sistem operasi berbasis GUI
2.5   Mengistalsi program aplikasi.




B. KOMPETENSI KEJURUAN


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.    Memahami teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar
1.1   Menjelaskan teori kelistrikan
1.2   Mengidentifikasikomponen elektronika
1.3   Menjelaskan Konsep Elektronika Digital
1.4   Menjelaskan Sistem Bilangan digital
1.5.  Menjelaskan Elektronika Digital untuk Komputer.
2.    Menguasai Algoritma Pemrograman Tingkat Dasar

2.1   Menjelaskan struktur algoritma
2.2   Membuat alur logika pemrograman
2.3   Menjelaskan data flow diagram (DFD)
2.4   Membuat diagram alir pemrograman
2.5   Menjelaskan type data
2.6   Menerapkan pengelolaan array.
3.    Menguasi Algoritma Pemrograman Tingkat Lanjut
3.1   Mengunakan array multi dimensi
3.2   Menggunakan Prosedure dan Fungsi
3.3   Menggunakan library pemrograman grafik.
4.     
4.1    
5.    Mebuat Basis Data
5.1   Mengidentifikasi struktur hirarki basis data
5.2   Menjelaskan Entity Relationship Diagram (ERD)
5.3   Menerapkan Normalisasi Basis Data
5.4     Menjelaskan Database Manajemen System (DBMS).
6.    Menguasai Aplikasi Basis Data
6.1   Menjelaskan Jenis perintah SQL
6.2   Membuat tabel
6.3   Menerapkan query
6.4   Membuat Form
6.5   Menerapkan macro
6.6   Membuat report.
7.    Menguasai Pemrograman Visual berbasis Desktop
7.1   Menjelaskan IDE aplikasi bahasa pemograman
7.2   Menjelaskan objek aplikasi bahasa pemograman
7.3   Menjelaskan komponen aplikasi bahasa pemograman
7.4   Menjelaskan tipe file
7.5   Menjalankan aplikasi.
8.    Membuat paket software aplikasi berbasis desktop
8.1   Menjelaskan menu  aplikasi
8.2   Menyiapkan sistem komputer
8.3   Mendemonstrasikan aplikasi paket installer
8.4   Menyimpan installer aplikasi
8.5   Menghubungkan aplikasi dengan basis data.
9.    Mengoperasikan sistem operasi jaringan komputer
9.1   Menjelaskan fungsi periferal jaringan komputer
9.2   Mengidentifikasikan ketersambungan jaringan
9.3   Mengidentifikasikan pemutusan jaringan
9.4   Mengoperasikan aplikasi jaringan komputer.
10. Menguasai bahasa pemrograman SQL tingkat dasar
10.1    Menjelaskan konsep pengoperasian bahasa pemrograman SQL
10.2    Mempersiapkan perangkat lunak SQL
10.3    Mengenali menu aplikasi SQL
10.4    Membuat tabel
10.5    Mengoperasikan tabel dan table view.
11. Menguasai bahasa pemograman SQL tingkat lanjut
11.1    Menentukan formula pembentukan data dengan batasan waktu
11.2    Membuat prosedur dan fungsi
11.3    Menulis kode program pembangkitan data dengan batasan waktu
11.4    Mengoperasikan Trigger.
12. Menguasai dasar-dasar pembuatan web statis tingkat dasar
4.2   Menjelaskan konsep dasar dan teknologi Webpage
4.3   Menjelaskan struktur dokumen HTML
4.4   Menambahkan objek
4.5   Membuat tabel
4.6   Membuat Link
4.7   Menyimpan dokumen
4.8   Menguji dokumen.
13. Membuat halaman web dinamis tingkat dasar
12.1    Menjelaskan konsep pembuatan halaman web dinamis
12.2    Mempersiapkan lingkungan teknis
12.3    Membuat halaman web dinamis sederhana
12.4    Menambahkan fungsi-fungsi pada halaman web dinamis
12.5    Menguji halaman web dinamis.
14. Membuat halaman web dinamis tingkat lanjut
13.1    Menjelaskan konsep pemrograman web dinamis
13.2    Mempersiapkan pembuatan aplikasi
13.3    Membuat web menggunakan bahasa script.
15. Merancang aplikasi teks dan desktop berbasis obyek
16.1    Menjelaskan dasar - dasar pemrograman
16.2    Menerapkan fungsi
16.3    Menerapkan pointer
16.4    Menjelaskan konsep class
16.5    Merancang aplikasi berorientasi objek.
16. Menguasai bahasa pemrograman berorientasi obyek
14.1    Menggunakan tipe data data control program
14.2    Membuat class
14.3    Membuat inheritance, polimorphy, overloading, dan friends
14.4    Membuat interface dan paket
14.5    Mengkompilasi program beorietasi obyek
17. Membuat program aplikasi web berbasis  object oriented (OOP)
15.1    Menjelaskan File I/O (Input/Output), tipe data dan variable pada Java
15.2    Menjelaskan Exception Handling
15.3    Menjelaskan Applet
15.4    Menerapkan konektivitas basis data.
18.  
16.6     
19. Membuat program basis data  menggunakan SQL
17.1    Menjelaskan kebutuhan software
17.2    Membuat Entity Relationship Diagram (ERD)
17.3    Membuat Data Flow Diagram (DFD)
17.4    Mempersiapkan lembar kerja Basis Data
17.5    Menggunakan sintaks-sintaks khusus SQL
17.6    Membuat Query Basis Data.
20. Mengintegrasikan basis data dengan sebuah web
18.1    Menjelaskan pengintegrasian sebuah basis data dengan sebuah situs web
18.2    Mempersiapkan basis data
18.3    Membuat login pada basis data
18.4    Membuat koneksi basis data pada web
18.5    Menguji konektivitas basis data pada web.
21. Membuat program basis data
19.1    Menjelaskan Konsep pembuatan DBMS berbasis Client - Server
19.2    Menggunakan SQL
19.3    Menggunakan stored procedures
19.4    Menggunakan triggers
19.5    Menggunakan Administrasi SQL
19.6    Menjelaskan struktur program aplikasi
19.7    Menerapkan SQL.
22. Membuat aplikasi web berbasis JSP
20.1    Menjelaskan kebutuhan software
20.2    Menjelaskan dasar-dasar JSP
20.3    Membuat aplikasi web berbasis JSP sederhana
20.4    Menyiapkan server untuk aplikasi web berbasis JSP
20.5    Menyimpan state (kondisi) ke dalam server dan client.
23.  
21.1     

0 komentar:

Posting Komentar